***

12/12/2011

Berkaca dari Lebah




 

  يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ۬ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٲنُهُ ۥ فِيهِ شِفَآءٌ۬ لِّلنَّاسِ‌ۗ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَأَيَةً۬ لِّقَوۡمٍ۬ يَتَفَكَّرُونَ (٦٩)


“ … Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. “

( Q.S. An Nahl, 69 )


Alloh SWt menciptaan lebah dg berbagai manfaat & keunikan. Bahkan nama lebah diabadikan dlm sebuah surat dlm Alqur'an, yaitu An Nahl yg artnya 'lebah'. Sbg makhluk sosial kita dituntut utk memberi manfaat bg ingkungan, pny kerjasama yg tinggi, dan tidak mementingkan diri sendiri.  3 sifat ini ternyata ada pd lebah.  

 

BERMANFAAT BAGI LINGKUNGAN

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa lebah menghasilkan madu yg khasiatnya tak diragukan lagi. Bahkan sengatannya pun kini bisa dijadikan obat. Mereka tak hanya bermanfaat bagi sesamanya, tp jg bagi manusia. Begitu jg kita sebagai manusia, sudah seharusnya kita pun memanfaatkan potensi kita agar bermanfaat bagi lingkungan.

 

TIDAK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI

 Prof. BAS di tahun 1982 Melakukan penelitian ttg lebah yg hasilnya menunjukkan bhw ketika seekor lebah menemukan sebuah sumber madu mk ia akan memanggil teman-temannya dg cara menari-nari di tengah-tengah sarang. Yg menarik dlm tarian itu adalah matahari dijadikan patokan yg kita tahu bahwa setiap 4 menit sekali matahari bergerak ke arah barat. Itulah alasannya mengapa lebah tidak pernah tersesat dlm  perjalanannnya menuju ke sumber madu. Belajar dr tarian lebah ini kita dituntut untuk tidak mementingkan diri sendiri. Kdg klo aj udh kaya ia lupa kepada yg miskin . Kl aj udh tinggi ilmu, ia lp membagi ilmunya. & kl aj udh punya jabatan ia lupa dg rakyatnya.

 

 ARSITEKTUR ULUNG

 " Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia ". ( An Nahl, 68 ).

 

Pertanyaan nya mengapa Alloh menyuruh lebah membuat sarang di tempat-tempat yg berdekatan dgn manusia. Jawabannya adalah agar kita dapat belajar dr mereka, bahkan belajar bagaimana cara mereka membuat sarangnya. Dalam membangun sarangnya , lebah memiliki kerjasama yang tinggi, dan itu penting bagi kita. Yg klo dalam pribahasa Jepangnya dikatakan :

" Pekerjaan yg besar akan terasa ringan ketika dikerjakan bersama-sama ".  

Dan satu hal lagi yg penting; lebah itu hanya mau mengkonsumsi dari yang baik-baik. “


_____________________

 

Sherly Anavita, finalis Dai Muda ANTV asal Aceh

For support, DAI< spasi>SHERLY --> 9981.       


***

2 komentar:

  1. Itu baru sebagian hikmah dari satu makhluk kecil bernama lebah.
    Gimana kalau kita tadaburi semua? Ckckck.
    Subhanallah.

    BalasHapus